Selasa, 20 Juli 2010

Ambeien Dan Pencegahannya


Penderita ambeien atau wasir memang akan tersiksa bila harus duduk.
Itu karena dia merasa kesakitan di bagian anusnya. Tanda-tanda orang ambeien antara lain ada benjolah pada anusnya, mengeluarkan darah saat buang air besar (BAB), atau adanya infeksi dalam pembuluh darah vena yang menuju anus.

Menurut bahasa kedokteran, wasir atau ambeien ini disebut hemmoroid, yaitu gangguan pada pembuluh darah yang terdapat pada anus. Orang yang menderita ambeien sering kali mengalami sakit yang hebat saat BAB, dan bahkan saat BAB disertai keluarnya darah & penyebab utama wasir adalah aliran darah ke anus kurang lancar.

Orang yang mudah mengalami ambeien antara lain yang sering mengangkat beban terlalu berat atau berlebihan, terlalu lama duduk, dan faktor makanan (sering makanan pedas).

Hampir 70 persen manusia dewasa mempunyai wasir, baik wasir dalam, wasir luar, maupun keduanya.
Namun tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan.
Hanya sebagian kecil yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan, dan gatal-gatal.

Pemicunya saat susah buang air dipaksakan mengeluarkan kotoran.
Penyebab susah buang air adalah kurang minum, kurang makan serat, kurang olah raga atau banyak duduk dan mengangkat yang berat-berat.
Selain itu, faktor bawaan (genetik) juga dapat membawa orang terkena ambeien. Wanita melahirkan juga bisa terserang penyakit ini.

Namun, tidak semua pendarahan dari dubur adalah wasir, pendarahan dari dubur bisa jadi berasal dari saluran cerna seperti usus halus, usus besar, mulut, kerongkongan dan lain-lain. Bila pendarahan berasal dari sana, maka bisa saja hal itu disebabkan oleh lambung, kerusakan pembuluh darah, kanker, dan sejenisnya. Karena itu, setiap pendarahan dari dubur harus ditanggapi serius.

Dua tipe Ambeien secara umum terbagi dua, yaitu ambeien internal (internal hemorrhoid) dan ambeien eksternal (external hemorrhoid).
Ambeien internal terjadi karena pembengkakan di dalam rektum yang tidak bisa dilihat atau diraba.
Pembengkakan ini tidak menimbulkan rasa sakit sebab hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum.
Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat BAB.
Benjolan jenis ambeien internal bisa masuk sendiri atau didorong masuk kembali ke dalam anus. Jenis ini biasanya berwarna pink.
Ambeien eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Melakukan Gerakan Lain Selain Duduk Cara mudah untuk mengobati dan mencegah ambeien adalah dengan mengubah pola hidup.
Orang yang terbiasa mengangkat beban, yang banyak duduk baik karena profesinya atau lainnya (supir, sekretaris), dianjurkan untuk melakukan banyak aktivitas fisik. Misalnya dengan melakukan gerakan-gerakan seperti berdiri, berjalan, turun naik tangga, atau lainnya.

Bagi mereka yang jarang atau kurang mengonsumsi air putih dan sayuran yang mengandung serat, sebaiknya segera memperbanyak konsumsi dua hal tersebut. ''Buah-buahan yang banyak mengandung serat banyak terdapat pada pepaya, melon , pisang.
Kurangi makan makanan yang pedas, makanan yang pedas sangat mudah merangsang terjadinya pembengkakan pembuluh darah. Apalagi jika pembuluh darah sudah mengalami infeksi.

Jika penyakitnya sudah parah, atau sering keluar benjolan di daerah dubur, segera ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar